Harga Oppo Neo 3 – Oppo Neo 3 pada masanya cukup laris dibeli oleh konsumen Indonesia, pada waktu itu memang jika diamati dari sis desain, spesifikasi dan fitur, ponsel ini tergolong mewah dan wah. Lihat saja fitur dual SIM yang ada yang sudah dilengkapi fitur transfer data berkecepatan tinggi. Setelah itu adanya fitur dual kamera yang dikala itu masih merupakan barang istimewa di kalangan pengguna smartphone android. Namun yang memikat diawal adalah saat kita melihat sepintas pada kondisi ponsel ini yang terkesan premium dengan bodi yang dilihat mirip dengan iPhone.

Saya rasa untuk pemasaran Oppo Neo 3 di Indonesia sudah cukup berhasil diterapkan produsen ini untuk pasar Indonesia, jangan contoh Luna, smartphone yang baru saja saya dengar namanya, namun meluncurkan hp dengan harga diatas 5 jutaan, meski spesifikasi bagus, namun jika konsumen di Indonesia dihadirkan dengan harga yang langsung mahal, meski merk ini terkenal di negara asalnya, maka akan lesu penjualannya. Namun untuk Oppo, mereka berhasil memikat hati konsumen Indonesia dan menjadi salah satu pilihan merk dari konsumen smartphone tanah air.

Harga Oppo Neo 3
Oppo Neo 3

Oppo Neo 3 ini cukup menarik minat calon konsumen, selain tulisan saya yang sudah hadirkan diawal paragraf artikel ini, ada beberapa hal yang perlu anda simak lainnya dari Oppo Neo 3 ini. Dan akan saya tulis selengkapnya setelah paragraf ini. Baik itu spesifikasi, fitur, harga dan kelebihan serta kelemahan ponsel Oppo Neo 3 ini. Satu hal yang belum saya ketahui, apakah casing Oppo neo 3 ini sudah logam atau masih plastik dan hal ini juga merupakan salah satu pertimbangan konsumen sebelum membeli Oppo Neo 3 ini. Sudah penasaran ulasan atau review singkat saya ini, monggo disimak dibawah ini.

Spesifikasi Utama Oppo Neo 3

1. Network Jaringan dan Konektivitas : Untuk jaringan data dan voice atau suara, ponsel android murah ini menggunakan koneksi GSM dengan kualitas transfer data kelas HSPA, namun hal ini berlaku untuk SIM 1 saja sama dengan kebanyakan ponsel yang memiliki fitur dual SIM, sementara itu untuk SIM 2 hanya mendukung kelas dibawah itu. Lebih detailnya bisa dilihat pada angka-angka berikut ini yaitu 2G bands untuk kelas GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 berlaku untuk SIM 1 dan juga SIM 2, untuk jaringan 3G band sudah suport HSDPA 2100.

Namun jika di daerah anda sekalian tidak dapat menemukan kelas 3G, maka kecepatan data dengan kelas GPRS dan EDGE sudah bisa dipakai, tentunya dengan kecepatan transfer data yang jauh dari kata memuaskan. Selain itu untuk konekstivitas mandiri, ponsel ini bisa menjalankan internet dengan sambungan dari WLAN yang ada, dengan menggunakan kelas Wi-Fi standar yang banyak digunakan yakni 802.11 b/g/n, pun bisa digunakan untuk hotspot tethering yang berfungsi sebagai modem untuk koneksi ke device lainnya.

Untuk transfer data antar perangkat telepon atau alat elektronika lainnya yang kompatible, bisa menggunakan bluetooth dengan versi 2.1 dan juga selain itu dapat memakai USB dengan jenis microUSB versi 2.0 plus bisa dipakai untuk USB Host. Selain itu ada fitur GPS dengan jenis A-GPS yang umum dipakai oleh selain Oppo Neo 3 ini. Untuk hiburan ada juga fitur radio yang mampu menjalankan frekuensi FM.

2. Sistem Operasi dan Baterai : Device ini masih menjalankan OS Android dengan versi 4.2.1 atau lebih dikenal dengan nama Jelly Bean. Akan tetapi jika dilihat jaman sekarang maka android sudah ke huruf N, itu artinya ponsel Oppo 3 ini sudah lewat 3-4 versi dari OS android yang sekarang paling baru. Entah apakah bisa di upgrade ke OS paling baru atau tidak, semuanya tergantung chipset yang dipasang ke Oppo Neo 3 ini, apakah mendukung ataukah hanya Jelly Bean paling mentok untuk OS ponsel ini. Seperti kita tahu, OS yang digunakan juga mempengaruhi kinerja baterai yang ada pada ponsel ini, tergantung OS yang dipakai, apakah hemat baterai ataukah malah lebih boros. Namun untuk Oppo Neo ini, jenis baterai yang dipakai untuk smartphone asal Tiongkok ini adalah tipe removable atau bisa dilepas-lepas dengan mudah menggunakan teknologi Lithiun Ion dengan kekuatan daya 1900 mAh. Kalau untuk saya pribadi, ukuran baterai Oppo Neo 3 ini sangatlah terbatas dengan kegiatan apa yang saya lakukan.

3. Kamera Depan dan Belakang : Sesuai judul yang saya sajikan diatas, bahwa ponsel Oppo Neo 3 ini bakal memiliki 2 kamera depan dan belakang. Untuk kegiatan umum yang sudah banyak digunakan untuk kamera handphone, kamera belakang digunakan sebagai alat potret primer, oleh karena itu akan dibekali kekuatan lensa hingga 5 MP yang sudah mendukung fitur autofocus, yang memudahkan mengambil gambar tanpa harus melakukan fokus manual, jika mengambil foto dalam keadaan gelap atau kurang cahaya, kamera belakang Oppo Neo 3 sudah dibekali dengan LED flash yang mempu menerangkan daerah sekitar objek yang akan ditangkap gambarnya, setelan maksimal untuk pengambilan gambar sangat besar yakni mencapai ukuran 2592 x 1944 pixel.

Selain itu sudah memiliki fitur Geo-tagging juga. Selain untuk mengambil gambar diam, ponsel ini kamera belakangnya sudah bisa menyuting video dengan ukuran 720p dengan kecepatan 30 frame per second, cukup halus. Beralih ke kamera sekunder, yang jelas kamera dengan dengan kekuatan lensa 2 MP ini mampu mengambil gambar, selain itu untuk video calling dan juga untuk foto selfie jadi mudah. Namun sepertinya belum mampu menyimpan video dari kamera sisi depan Oppo Neo 3 ini, karena info yang saya dapat dari website terkenal tidak mencantumkan fitur ini.

4. Memori, RAM dan Prosesor : Memang dengan Harga Oppo Neo 3 yang sejutaan kita tidak bisa berharap banyak mengenai spesifikasi yang ada, semua serba terbatas, memang ada harga ada rupa, pun demikian dengan kehadiran Oppo Neo 3 ke pasaran ponsel Indonesia ini, menyasar kelangan entry-level yang membanderol dengan harga murah. Oleh karena itu untuk sisi prosesor yang ada hanya menggunakan CPU kelas jadul yakni Dual-core denga kecepatan hingga 1.3 GHz, tak ada keterangan manufaktur mana atau pabrikan mana yang menjadi merk chipset yang digunakan dan juga tentunya dengan tidak adanya dukungan GPU atau kartu grafis yang disematkan ke dalam chipset ini menjadikan kegiatan ponsel yang agak berat akan sedikit mengganggu.

Namun untuk urusan kelancaran pemakaian sudah dibekali dengan memori RAM sebesar 1GB, itu artinya bahwa, ponsel dengan range harga sejutaan, ini adalah memori RAM yang sudah sangat bagus sekali, biasanya untuk kisaran harga ini hanya mendapat 512 MB saja. Untuk mentimpan data, instal aplikasi, pemakaian system atau OS android yang ada, ponsel ini sudah dibekali dengan kekuatan memori simpan hingga 4GB, yang terasa cukup sempit untuk ukuran ponsel jaman kini. Jika dirasa tempat simpan menyimpan kurang lega, ada card slot memori eksternal berjenis microSDyang mempu menyimpan data hingga kapasitas 32 GB (dedicated slot). Maka, untuk urusan memori, prosesor dan detail sisi ini, jangan terlalu berharap melebihi kemampuan ponsel ini.


5. Layar dan Dimensi Body : Kearah layar kali ini Oppo Neo 3 ini memakai layar berjenis IPS LCD dengan kemampuan layar sentuh kapasitif dengan mengusung warna hingga 16 juta warna. Layar IPS LCD ini akan berukuran seluas 4.5 inchi dengan ~64.2% rasio bodi ke layar. Dengan ukuran ini, dijaman Oppo Neo 3 ini keluar sudah lebar namun untuk ukuran saat ini sudah ketinggalan jaman alias terlihat kecil. Menggunakan resolusi layar ukuran 480 x 854 pixel dengan kerapatan layar hingga ~218 ppi dan juga sudah mendukung multitouch atau layar sentuh multi jari. Sementara itu dimensi bodi dari Oppo Neo 3 ini adalah 132 x 65.8 x 9.2 mm (5.20 x 2.59 x 0.36 in), cukup kecil untuk ukuran ponsel sekarang ini yang rata-rata sudah memakai layar hingga 5 inchi keatas, seperti yang sudah saya tulis diatas bahwa layar sentuh yang ada berukuran 4,5 inchi, sudah bisa dikira-kira berapa lebar dimensi bodi dari Oppo Neo 3 ini, sementara itu untuk berat yang disandang oleh ponsel ini adalah 128 g atau (4.52 oz), jadi cukup ringan dipegang tangan.

Plus Minus Oppo Neo 3

1. Kelebihan dan Keunggulan : Meski sudah agak jadul, namun bukan berarti Oppo Neo 3 ini tak mempunyai kelebihan atau keunggulan dibanding ponsel dengan range harga serupa. Hal awal yang menjadikan Oppo Neo 3 ini menjadi incaran adalah harga yang dibanderol sejutaan, itu untuk Harga Oppo Neo 3 barunya, misal kita dapat dengan harga seken, saya rasa akan lebih murah dari ini, bahkan cuma ratusan ribu saja. Selanjutnya adalah di sisi kamera, dengan segala keterbatasan yang ada, ponsel ini sudah mendukung dual kamera pada hardware nya, untuk fungsi dan kegunaannya sudah saya tuliskan pada alinea sebelum ini. Selanjutnya ada fitur dual SIM, untuk pasaran ponsel di Indonesia fungsi SIM ganda ini sangat diperlukan, entah untuk apa yang jelas hp dengan kelebihan dual SIM ini jauh lebih laris dan banyak dibeli oleh konsumen Idnonesia. Untuk kelas menengah, saya rasa memori RAM yang berkapasitas 1GB ini sudah lebih dari cukup, serta media simpan berupa microSD yang bisa di isi dengan kapasitas hingga 32GB, sehingga mampu mengatasi keterbatasan memori internal yang hanya 4GB, yang disediakan pabrikan untuk Oppo Neo 3 di pasar ponsel cerdas Indonesia.

2. Kekurangan dan Kelemahan : Akan cukup banyak menulis di alinea ini, dikarenakan spek yang sudah agak lama, tentunya akan dipandang sebagai kekurangan dan kelemahan jika dibandingkan dengan gadget berupa hp android yang saat ini beredar, terlebih akhir-akhir ini keluar di pasaran. Contoh saja ada ukuran layar yang masih 4,5 inchi, meski demikian ukuran ini masih belum dilirik konsumen kebanyakan, karena mereka lebih memilih ukuran layar minimal 5 inchi. Plus dengan ukuran resolusi layar yang masih kelas 480p atau masih belum HD yang standar minimalnya adalah 720p. Ukuran ini adalah setingkat dibawah ukuran minimal HD tersebut, tentunya untuk memutar video, memuat gambar dan menjalankan aplikasi HD terasa kurang maksimal. Disisi prosesor yang masih mengandalkan dual-core yang sudah ketinggalan kereta, karena saat ini pabrikan ponsel sudah berlomba-lomba menghadirkan ponsel dengan chipset yang memiliki 8 otak bahkan ada yang 10. Apalagi tidak diketahui pabrikan mana yang mensuport chipsetnya, jika Qualcomm masih mending dibandingkan merk lainnya, serta tiadanya karti grafis atau GPU pada chipset nya juga mengurangi kegaharan kinerja Oppo Neo 3 ini kedepannya.

4G ?, jangan harap ada di Oppo Neo 3 ini, karena konseksi maksimal untuk itu hanya sekelas 3G saja, sudah cepat sih, namun masih kalah jauh leih cepat dibanding 4G LTE yang sekarang ini sudah trending, bahkan kabarnya sudah ada operator seluler yang menjajal kecepatan 5G, wow !. Ada lagi di sisi baterai yang hanya 1900 mAh, kira-kira jika dipakai terusan, kapasitas baterai yang hanya segini, saya rasa akan cepat-cepat anda meraih charge untuk mengisi daya. Itu saja mungkin dari sudut pandag saya mengenai kekurangan Oppo Neo 3 ini.

Harga Oppo Neo 3 Baru dan Bekas

Menurut salah satu media terkemuka online di Indonesia, saya temukan untuk harga Oppo Neo 3 ini memang ada di kisaran sejutaan, namun lebih. Tepatnya ada di angka 1,7 juta rupiah. Wah banyak banget lebihnya, memang karena ini merk cukup terkenal di negaranya, oleh karena itu Harga Oppo Neo 3 masih cukup tinggi untuk pasar Indonesia. Apakah laku dijual disini dengan Harga Oppo Neo 3 segitu ?, saya rasa mereka (Oppo) telah memperhitungkan hal ini, tentu saja akan laku meski tak selaris merk yang lebih terkenal semacam Samsung, Sony, Asus, Lenovo dan sebagainya. Untuk harga baru ini, hanya range saja, bisa jadi di pasar asli nya atau jika anda langsung ke toko handphone, akan lebih murah atau bahkan sebaliknya lebih mahal.

Tenang saja, Oppo Neo 3 sudah ada second nya, harga bekas dari handphone ini juga dari media internet saya dapat beritanya, masih di kisaran 1,4 jutaan. Namun bagi anda yang paham dengan pergerakan pasar, maka Harga Oppo Neo 3 ini terlampau mahal untuk ukuran ponsel seken yang harga barunya hanya selisih 300 ribu dari harga sekennya. Memang tergantung kondisi berapa persen Oppo Neo 3 seken yang anda dapat, namun menurut saya, harga bisa jatuh dibawah sejutaan, bahkan mungkin bagi sebagian orang dengan harga yang sudah dibawah sejutaan masih akan menawar lagi. Saya rasa, masalah mahal dan murah memang tergantung kemampuan kita membeli barang dengan kepemilikian harta kita seberapa, kalau saya sendiri, cenderung berkata agak mahal, namun dengan spesifikasi yang ditawarkan boleh dibilang murah.

Oppo Neo 3 Tampang Samping
Oppo Neo 3 Tampang Samping

Kesimpulan Untuk Hp Oppo Neo 3

Dengan range Harga Oppo Neo 3 yang hampir dua jutaan, saya rasa spesifikasi yang diberikan Oppo kepada Neo 3 ini untuk saat ini cukup mengirit, artinya spek yang ada di Oppo Neo 3 ini tidak sebanding dengan harga baru yang ditawarkan kepada calon konsumen ponsel ini. Namun Oppo sudah bakal tahu masalah ini, saya pikir kalau ada perubahan pada Harga Oppo Neo 3 yang ada, akan lebih menjangkau pembeli lebih banyak daripada sebelumnya. Memang diawal kemunculan Oppo di Indonesia cukup membuat heboh publik tanah air, terutama yang berkecimpung di dunia teknologi khususnya smartphone, berlabel hp “China” namun memiliki sepsifikasi yang jauh daripada hp lokal yang ada, plus dengan harga yang bersaing. Cukup laris untuk pemasarannya, namun itu dulu. Sekarang sudah diserang dengan berbagai merk terkenal yang menyasar pasar segmen menengah ini dengan spek hp yang sangat bagus, maksimal dan dengan membanderol produknya hanya dengan harga yang cukup murah jika dilihat dari spek yang ada. Khusus Oppo Neo 3 ini kesimpulan saya adalah, jika tidak ada perubahan harga, maka Oppo Neo 3 ini akan tenggelam ke dasar dan kalah dengan erk lain yang menawarkan spesifikasi yang jauh lebih canggih serta harga yang bahkan jauh lebih murah dari hp android ini.

Harga Oppo Neo 3 Terbaru dan Spesifikasinya
Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */

About Us | Contact Us | Privacy | Pasang Iklan
Copyright © 2017

DMCA.com Protection Status