Cara Agar Hp Android Bisa Support USB OTG

Posted on

Cara Agar Hp Android Bisa Support USB OTG – Masih membahas tentang gadget Android, setiap hari melakukan pembahasan mengenai smartphone Android rasanya tak ada habisnya ulasan untuk kita dokumentasikan. Beragam fitur serta spesifikasi terbaru terus di munculkan ke dalam diri sang handphone yang menggunakan dukungan sistem operasi robot hijau buatan Google tersebut. Dulu untuk melakukan transfer file antar handphone kita membutuhkan yang namanya bluetooth, tapi sekarang ini dengan kemunculan Android ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan tukar file seperti salah satu menggunakan jaringan WiFi serta NFC.

Nampaknya kecanggihan Android tak berhenti disitu saja sebab sekarang ini kita sudah bisa mengeksplor file yang ada dalam flashdisk memakai jasa smartphone Android tanpa lagi terpaku menggunakan sebuah komputer maupun laptop. Fitur ini dinamakan dengan USB OTG. Ya, mungkin ketika Anda membeli sebuah smartphone Android disitu Anda akan mendapatkan tulisan berbunyi support USB OTG. Nah jika ada tulisan seperti itu maka selamat itu artinya handphone yang Anda beli sudah mengantongi sertifikat support terhadap USB OTG.

Cara Agar Hp Android Bisa Support USB OTG

Cara Agar Hp Android Bisa Support USB OTG

Lalu apa sih kegunaan dari USB OTG itu sendiri? Penggunaan USB OTG ada cukup banyak yang salah satunya sudah tersampaikan seperti diatas. Kita pun dapat memakai jasa dari USB OTG ini guna edit, baca, maupun lainnya pada sebuah flashdisk sehingga komputer tak lagi diperlukan. Dari kata – katanya saja sudah USB OTG yang kurang lebih mempunyai makna USB dimana saja.

Lalu bagaimana ceritanya ini jika smartphone Android yang ita miliki belum mempunyai fitur USB OTG? Gampang kok sebab kini sudah ada jalan untuk mengakalinya, yuk simak saja dalam tutorial Cara Agar Hp Android Bisa Support USB OTG dibawah ini.

1. Pastikan jika ponsel Android sudah di Root

Mengapa cara ini membutuhkan smartphone Android harus sudah di root? Simpel saja sebab untuk dapat melakukan step penambahan file dalam sistem Android sendiri harus memperoleh ijin super user maka dari itu Android yang sudah di Root wajib harus ada.

2. Install aplikasi bernama USB Host Check

Cara Agar Hp Android Bisa Support USB OTG

Nah itu apalagi aplikasi USB Host Check ini? Aplikasi bernama USB Host Check sekedar tahu saja ialah tool sederhana yang akan memeriksa apakah handphone Android yang Anda miliki sekarang ini support USB OTG atau tidak sebab memang ada beberapa smartphone Android tak mensupport USB OTG dari jenis hardware-nya.

3. Cek file bernama android.hardware.usb.host.xml

Cara Agar Hp Android Bisa Support USB OTG


Setelah kita melakukan checking kesupportan handphone Android kita menggunakan aplikasi USB Host Check tadi, apabila ada pesan muncul bertuliskan It appears that USB Host supports is not enable on this device. A fix attempt can be performed, maka itu artinya file yang diperlukan agar smartphone Android support USB OTG tidak tersedia. File yang dimaksud disini adalah android.hardware.usb.host.xml, untuk mengakali hal inipun kita bisa membuat sendiri file tersebut memakai notepad.

4. Membuat terlebih dahulu file android.hardware.usb.host.xml

Cara Agar Hp Android Bisa Support USB OTG

Langsung saja kita buat file bernama android.hardware.usb.host.xml memalui aplikasi notepad yang ada di komputer, kemudian pilih Save As. warning bagi Anda bahwa sangat perlu diperhatikan disini ekstensi file haruslah berupa .xml, dan tipe file pun haruslah dijadikan All file.

5. Masukkan kode berikut pada file yang kita buat

Cara Agar Hp Android Bisa Support USB OTG

Nah disini cantumkan kode seperti dibawah kedalam file yang kita buat:

<?xml version=”1.0″ encoding=”utf-8″?><permissions><feature name=”android.hardware.usb.host” /></permissions>

6. Pindahkan file ke smartphone Android

Cara Agar Hp Android Bisa Support USB OTG

Kita selanjutnya akan memindahkan file bernama android.hardware.usb.host.xml ke folder etc/permission dalam ponsel Android. Folder permission bisa dikatakan sangat penting sekali sebab folder tersebut memungkinkan nantinya smartphone Android kita untuk mendapatkan hak akses support USB OTG. Untuk menambahkan file tersebut ke sistem Android Anda memerlukan aplikasi bernama Root Explorer ataupun sejenisnya.

7. Membuka kembali aplikasi USB Host Check

Cara Agar Hp Android Bisa Support USB OTG

Apabila langkah pemindahan sudah selesai kini kita kembali lagi ke aplikasi USB Host Check dan choose/pilih re-check. Disini apabila yang kita lakukan melalui langkah diatas sudah benar semuanya maka aplikasi tersebut bakal memberikan informasi jika kini smartphone Android yang kita punyai telah support terhadap penggunaan USB OTG.

Wah senangnya kini kita pun bisa melakukan banyak hal tentunya dengan memanfaatkan keberadaan USB OTG tersebut. Ok ini saja nampaknya informasi terbaru tentang bagaimana Cara Agar Hp Android Bisa Support USB OTG. Apabila ada keluhan atau lain sebagainya silahkan tinggalkan tanggapan di kolom komentar, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *