Tips Menghemat Kuota Android – Kuota adalah satu hal yang vital saat ini bagi smartphone. Ponsel tanpa kuota bisa diibaratkan sebagai taman tanpa bunga, tidak ada spesialnya. Saking pentingnya kuota, setiap provider berlomba-lomba memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan mereka, mulai dari harga murah sampai dengan bonus berlimpah.

Kuota ini juga banyak jenisnya yang kebanyakan dibedakan dengan batas waktu mulai dari harian, mingguan hingga bulanan. Yang sering kita beli adalah kuota bulanan yang memberikan layanan penuh selama satu bulan. Tapi sering terjadi hampir kepada semua orang kuota bulanan yang dibeli tidak sampai satu bulan sudah kandas. Sehingga tuntutan untuk membeli kuota lagi sangatlah besar tetapi di sisi lain dompet yang menipis menghambat kita untuk mengisi ulang kuota. Adakah cara menghematnya?

Bicara soal cara menghemat kuota di smartphone android, ada beberapa tips yang berguna. Penerapannya pun juga tidak sulit, tidak membutuhkan software-software aneh hanya memerlukan smartphone dan niat untuk mencoba. Nah, simak tips menghemat kuota di smartphone android berikut ini.

  1. Jangan gunakan aplikasi Facebook

Facebook memanglah sebuah sosial media yang sangat penting dan mungkin menjadi sosmed pertama yang kamu miliki. Seiring datangnya android, Facebook membuat aplikasinya tentunya untuk platform ini. Tetapi, harus kamu tahu bahwa Facebook menyedot data yang sangat banyak dari kuotamu.

Lebih baik gunakan browser untuk membuka akun facebook. Walaupun ribet, pengurasan kuota tidak sebanyak menggunakan aplikasi. Selain menghemat kuota, penggunaan facebook via browser dapat menghemat RAM.

  1. Gunakan aplikasi dan game offline

Play Store adalah gudangnya para pengembang untuk menempatkan aplikasi atau game besutan mereka. Banyak sekali jenis-jenis aplikasi dan game yang dibuat dari yang membutuhkan akses internet hingga yang tidak.

Dalam hal penghematan kuota, gunakan app dan game yang tidak memerlukan koneksi internet. Banyak sekali aplikasi keren dan game asik yang tersedia di play store yang dapat digunakan offline. Gunakan app sejenis ini untuk menghindari pemborosan kuota.

  1. Batasi penggunaan data di latar belakang

Data latar belakang adalah proses pengambilan data suatu aplikasi dari internet disaat kita tidak membuka aplikasi tersebut. Hal ini berjalan setiap hari tanpa kita ketahui sehingga menyebabkan kuota terkuras dengan cepat. Sebaiknya batasi penggunaan data latar belakang untuk menghemat kuota. Pembatasan ini bisa dilakukan lewat Setting => Data Usage => Restrict Background Data. Tetapi, konsekuensi dari pembatasan ini adalah notifikasi dari beberapa aplikasi akan telat muncul.


  1. Nonaktifkan auto update pada aplikasi

Membuat aplikasi di smartphone android melakukan update otomatis dapat menghabiskan kuota internet dengan cepat. Untuk menghemat kuota data yang ada matikan auto update atau hanya aktifkan auto update hanya via wi-fi. Settingan seperti ini bisa dilakukan lewat play store dengan cara Setting => Auto Update Apps => Do not auto update apps.

  1. Masukkan daftar musik dan film kesayangan ke smartphone

Banyaknya aplikasi-aplikasi streaming musik dan film yang memberikan layanan terbaik bagi para user nya. Namun, streaming di Youtube, Hooq, Spotify maupun Joox ini menghabiskan kuota yang sangat banyak. Sebaiknya download musik dan film favorit dari internet ke handphone untuk menghemat kuota. Atau simpan offline video di Youtube atau musik di Spotify Premium untuk menikmati konten bukan bajakan dengan mudah.

  1. Hapus aplikasi rakus data

Nah, tips yang satu ini sangat ampuh buat menghemat data. Hapus saja aplikasi aplikasi yang menguras data begitu banyak di ponsel android. Namun, resiko yang didapat cukup tinggi yaitu jika aplikasi itu sangat penting bagi kamu setelah uninstall maka aplikasi trsebut tidak dapat digunakan lagi.

  1. Gunakan maps offline

Peta adalah salah satu kecanggihan android yang disematkan di aplikasi Google Maps. Penggunaan maps di ponsel tentu sangat boros terhadap kuota. Tetapi hal ini dapat disiasati dengan mendownload offline peta tersebut sehingga dapat digunakan tanpa akses internet.

  1. Jangan download, upload atau mengirim gambar maupun video

Upload dan download adalah kegiatan yang sering dilakukan di smartphone. Namun, jangan terlalu sering melakukan aktivitas ini jika menggunakan kuota internet, apalagi yang dimaksud adalah video. Jika ingin mendownload dan mengupload bisa kamu lakukan lewat koneksi wi-fi untuk menghemat kuota kamu.

  1. Manfaatkan wi-fi sebaik mungkin

Jika kamu berada di zona wi-fi hotspot, manfaatkan tempat-tempat seperti ini sebaik mungkin. Lakukan aktivitas-aktivitas yang sangat menguras kuota seperti streaming, bermain game online dan download. Karena wi-fi hotspot ini free jangan khawatir kehabisan kuota.

  1. Bagikan file lewat bluetooth

Yang terakhir ini mungkin sedikit ndeso ditengah hadirnya aplikasi sharing seperti ShareIt dan Xender. Tapi apa salahnya membagikan file lewat bluetooth? Toh bluetooth juga masih disediakan disetiap smartphone. Daripada menghabiskan kuota hanya untuk share file lewat sosial media, lebih baik kirimkan lewat bluetooth untuk menghemat kuota.

Tips Menghemat Kuota di Smartphone Android
Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */

About Us | Contact Us | Privacy | Pasang Iklan
Copyright © 2017

DMCA.com Protection Status