7 Cara Mengatasi Getar Hilang Tidak Berfungsi di Android

Posted on

Mengatasi Getar Hilang – Getar adalah salah satu fungsi vital dalam setiap handphone. Getar biasanya digunakan untuk mengiringi nada dering, agar saat di keramaian yang mana kita tak bisa mendengar bunyi dering smartphone, maka masih bisa merasakan getaran. Sehingga jika ada panggilan masuk tidak akan terlewatkan.

Namun, pernahkah kita merasakan bahwa fungsi getar yang selama ini kita aktifkan menghilang? Dan kemudian kita terburu mengira bahwa smartphone kita rusak? Saat itu juga rasa panik pasti datang dan tentunya kita akan bertanya-tanya apakah smartphone tersebut benar-benar rusak? Jawabannya tentu bisa ya atau tidak.

Manusia memiliki sifat pelupa yang sangat bermanfaat. Sebelum kita terlalu cepat memvonis bahwa smartphone Android kita rusak, cobia ngat-ingat dahulu mungkin kita belum mengaktifkan fungsi getar itu sendiri. Jika sudah aktif tetapi getar masih hilang tidak berfungsi apakah ini saatnya kita membawa perangkat kita ke toko online untuk dijual? Tentu tidak. Cobala kukan 7 cara mengatasi getar hilang tidak berfungsi  di Android dibawah ini:

  1. Test Getar Melalui Kode Rahasia

Cara pertama yang harus kita lakukan untuk mengatasi fungsi getar hilang di android adalah dengan melakukan test melalui kode rahasia. Setiap smartphone dengan OS android pasti memiliki kode rahasia agar pengguanya dapat melakukan tes hardware secara mandiri.

Kita akanmencoba melakukan tes pada ponsel cerdas ASUS yang cukup mudah untuk melakukannya. Pertama buka aplikasi calculator dan ketik “.12345+=”. Lalu, pilih service tes =>Tes single. Ketiga, didalamtes single terdapat banyak pilihan untuk memastikan fungsi getar masih berfungsi pilih vibrator.

Tes diatas hanya berlaku untuk semua smartphone dengan brand Asus. Untuk perangkat selain itu kode yang digunakan bakal berbeda. Karena setiap vendor menyematkan konfigurasi yang tidak sama dengan produsen lain. Jangan khawatir, di Google dan Youtube sudah diupload banyak sekali tutorial mengenai ini dengan berbagai macam merk Smartphone.

  1. Pastikan Fungsi Getar Aktif

Beragam kecerobohan kecil seperti ini dapat mengakibatkan getar hilang tidak berfungsi di peragkat Android kita. Untuk itu, pastikan dulu fungs igetar di pengaturan telah kamu aktifkan. Caranya cukup mudah yaitu tinggal pergi ke Pengaturan => Suara dan Notifikasi => Getar saat panggilan pastikan sudah diaktifkan.


  1. Bersihkan History dan Cache Pada Smartphone

Pernahkah muncul peringatan bahwa ruang memori internal kita sudah mencapai batas? Jika iya, maka mungkin inilah penyebabnya beberapa fungsi seperti getar menjadi hilang atau bahkan tidak berfungsi. Solusinya adalah dengan membersihkan cache dan history pada smartphone. Dalam hal ini kita bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga layaknya Clean Master dan 360 Security agar pembersihan menjadi semakin mudah dan cepat.

  1. Matikan Smartphone, Copot Baterai, SIM Card Serta Micro SD

Sistem yang kurang istirahat, ponsel overheat mungkin juga dapat menyebabkan tidak berfungsinya getar pada Android. Smartphone Itu sama halnya tubuh manusia, jika kurang istirahat maka kegiatan lain menjadi terbengkalai. Smartphone pun begitu, jika systemnya terlalu keras dalam bekerja, beberapa fungsi penting seperti getar tidak dapat dilakukan karena bisa dikatakan handphone dalam keadaan lelah.

Jalan keluarnya adalah dengan mematikan ponsel kemudian mencopot baetrai, SIM card dan kartu memori untuk beberapa saat agar system dapat beristirahat sejenak. Jika dirasa sudah cukup, kita bisa menghidupkan perangkat lagi.

  1. Lakukan Update Versi OS

Jurus selanjutnya untuk mengatasi getar hilang adalah dengan melakukan update OS. Setiap produsen smartphone pasti selalu merilis update software secara berkala untuk memperbaiki bug/cacat yang terdapat dalam versi saat ini. Jangan pernah kita abaikan setiap update yang telah diluncurkan. Selalu buat smartphone memiliki software terbaru agar up to date. Siapatahu update yang akan kita download itu berisi tentang penyelesaian masalah getar hilang yang kita alami.

  1. Factory Reset

Cara yang ke 6 ini sedikit beresiko bagi kita yang memiliki data tersimpan di memori internal. Memang ini adalah ara yang sangat ampuh untuk mengatasi getar tidak berfungsi di Android. Tetapi sebelum melakukan reset pabrik, terlebih dahulu back-up data-data yang terdapat di ROM internal handphone agar bisa direstore nantinya.

Tujuan dalam melakukan factory reset ini adalah untuk mengembalikan konfigurasi sistem agar kembali seperti pada saat smartphone pertama kali dihidupkan. Bisa saja getar yang sebelumnya hilang dapat kembali berfungsi setelah factory reset.

  1. Bawa Smartphone Ke Service Center

Jalan terakhir adalah membawa perangkat ke service center resmi smartphone. Namun, sebelum melakukan hal ini, pastikan dulu bahwa kita sudah mencoba semua cara diatas. Jika kesemuanya tidak berhasil maka sudah bisa disimpulkan bahwa yang menyebabkan getar hilang dan tidak berfungsi adalah hardware-nya yang rusak. Jika ini terjadi, segera bawa smartphone ke service center yang sudah memiliki lisensi agar kita diberi solusi yang terbaik.

Itulah 7 cara mengatasi getar hilang tidak berfungsi di Android. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa lakukan tes mandiri sebelum menyimpulkan bahwa smartphone rusak. Selalu jadi yang ter-update dengan software dan gunakan ponsel dengan bijak. Sekian terima kasih.

Incoming search terms:

  • lenovo vibe k5 getar mati
  • yhsm-inucbr_001