Harga Oppo Neo 5 Terbaru 1 Jutaan Spesifikasi Mem 16GB RAM 4G Layar 4,5 Inci

Posted on

Harga Oppo Neo 5 – Oppo semakin menancapkan cakar mereka di belantika pasar smartphone tanah air Indonesia tercinta ini, dengan berbagai tipe dan model smartphone yang diprodukso dan dipasarkan disini, siap bersaing dengan sederet nama tenar di ranah ini semacam Samsung, Asus, Lenovo, Sony dan merk lokal yang sudah menggurita konsumennya semacam Advan, Mito, Smartfren dan semisalnya. Dengan segenap kekuatan mereka dan iming-iming spesifikasi serta fitur-fitur termodern, mereka akan terus menggarap pasar Nusantara yang gurih ini, salah satunya dengan adanya Oppo Neo 5 ini yang menyasar konsumen menengah, dimana pasar kelas ini jumlah penggunanya jauh lebih banyak daripada segemen ponsel flagship atau kelas premium.

Akan tetapi, pemin di segmen ini sudah terlalu menumpuk, yang jelas baik nama brand besar maupun brand abal-abal juga telah merambah pasar ini sejak lama. Apakah Oppo mampu menembus dominasi tersebut ?. Tentunya mereka harus mempunyai value yang merk lain tak punya, nah disini bagusnya Oppo, terlebih ke Oppo Neo 5 ini, dengan mengusung desain yang elegan serta spesifikasi yang bagus, kelihatannya hp ini mampu bersaing di pasaran. Dengan koneksi jaringan sudah mampu tembus ke 4G, untuk segmen di kelas ini, merk lain belum ada, mungkin Oppo Neo 5 ini hanya satu-satunya ponsel sejutaan yang bisa dipakai di jaringan 4G, kalau saya salah mohon di koreksi.

Harga Oppo Neo 5
Oppo Neo 5

Salah satu kelebihan yang dimiliki Oppo Neo 5 ini yang tak dipunyai merk lain yang sekelas dengannya adalah pada sisi body yang terbuat dari logam yang terstruktur rapi, sehingga meski Harga Oppo Neo 5 cukup terjangkau namun dari segi tampilan secara fisik terlihat seperti hape dengan harga yang mahal. Bahkan merk lain yang sudah terkenal itu, membekali ponsel flagship mereka dengan casing dari plastik saja. Jelas dari sisi tampilan luar, ponsel ini layak disejajarkan dengan beberapa model terkenal yang memakai casing metal juga, seprti iPhone yang hampir semua ponsel mereka memakai bahan logam untuk body nya. Apa saja sih selain itu sepsifikasinya, fiturnya dan juga kelebihan serta kekurangan ponsel ini, monggo kita kupas satu-satu, one, two, three, go !.

Spesifikasi Utama Oppo Neo 5

1. Network Jaringan dan Konektivitas : Di sisi teknologi jaringan sudah mengusung operator seluler dengan pita GSM yang mampu menjalankan internet lewat data dengan kecepatan HSPA hingga yang paling baru LTE 4G. Meskipun sudah berkelas tinggi, untuk jaringan kelas bawah Oppo Neo 5 ini juga masih tetap bisa digunakan dengan kelas 2G bands jaringan GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 sementara untuk kelas 3G bands seperti yang sudah saya utarakan diawal berjalan di range HSDPA 2100 dan kelas 4G dengan saluran LTE. Di kelas tertinggi untuk speed transfer data ada HSPA mampu berjalan di kecepatan 42.2/5.76 Mbps, sementara itu untuk kelas LTE Cat4 bisa berjalan di 150/50 Mbps.

Tentu saja bisa untuk GPRS dan juga EDGE. Untuk koneksi di bidang WLAN sudah ada Wi-Fi kelas standar yakni 802.11 b/g/n, bisa juga dipakai untuk Wi-Fi Direct dan juga hotspot, selain itu ada bluetooth versi 4.0 yang mampu menjalankan hubungan secara A2DP atau wireless antar perangkat yang terhubung dengan BT ini. Sama seperti hp lainnya sudah ada GPS dengan menggunakan A-GPS dan juga slot USB dengan jenis microUSB kelas 2.0 yang juga berguna sebagai USB host, selain itu fitur radio dengan frekuensi FM sudah bisa didapat pada gadget ini. Cukup lengkap bukan ?, kalau menurut saya malah lengkap banget untuk ukuran ponsel kelas menengah kebawah.

2. Sistem Operasi dan Baterai serta Warna : Mengusung OS yang agak jadul menurut saya, mungkin menurut kawan-kawan juga begitu, karena meskipun sudah dimodifikasi dengan manggunakan natarmuka ColorOS kembangan mereka sendiri, namun begitu android yang dipakai masih saja android versi 4.3 atau lebih dikenal dengan nama Jelly Bean. Padahal di tahun 2016 ini sudah hadi android N atau android Nougat, ya minimal Lollipop lah, syukur-syukur bisa diupgrade kesana, atau bahkan malah bisa Marshmallow. Namun hp Oppo Neo 5 yang hadir 2 tahun lalu ini masih belum kompatibel antara spesifikasi baik hardware dan software nya, belum memungkinkan atau belum masuk untuk bisa dupgrade ke android yang lebih tinggi.


Kita beralih ke sisi power source atau sumber tenaga yang digunakan pada Neo 5 ini, ada baterai berjenis Li-Ion dengan model yang bisa dilepas-lepas kala ingin mengganti baterai baru, dengan kekuatan baterai sebesar 1900 mAh, tidak diterangkan secara rinci berapa lama baterai ini bisa menghidupi sistem yang ada bersama segala aplikasi yang berjalan di dalamnya. Oiya, untuk pilihan warna yang dijual, setahu saya hanya 1 warna saja yakni hitam atau black. Lanjut ke pembahasan lainnya dibawah.

3. Kamera Depan dan Belakang : Sektor kamera pada Oppo Neo 5 ini sudah dipersenjatai dengan 2 sisi, di satu sisi ada kamera primary atau yang kamera pada bagian belakang dengan kekuatan lensa 5 MP dilengkapi dengan lampu LED flash untuk mengambil gambar atau kegiatan memotret dalam keadaan kurang pencahayaan. Fitur yang diperoleh dari kamera belakang ini adalah geo-tagging, panorama dam gambar mode HDR serta mampu merekam video hingga kualitas 720p pada 30fps.

Oppo Neo 5

Sementara itu pada sisi depan atau secondary camera ada lensa dengan kekuatan 2 MP. Uniknya bahwa di kedua sisi kamera ini sudah dibekali yang namanya teknologi Pure Image 2.0, teknologi asli bawaan Oppo. Enaknya bahwa dengan teknologi ini kita gak membutuhkan aplikasi foto 360 buat filter gambar, karena di dalamnya sudah banyak banget kustomisasi gambar juga. Hasil jepret menurut para reviewers, kamera 5MP yang ada di bagian belakang Neo 5 ini cukup bagus, mode makro, low light dan speed capture fotonya cukup bisa diandalkan.

4. Memori, RAM dan Prosesor : Di salah satu bagian paling krusial pada setiap handphone yang ada adalah pada sisi memori, baik itu internal atau memori dalam hp itu sendiri maupun memori eksternal atau memori tambahan yang bisa ditambahkan lewat slot memori eksternal yang biasanya sudah diakomodasi oleh pabrikan. Internal memori yang ada di dalam Oppo Neo 5 ini sebesar 4 GB dan ini tak perlu dikuatirkan karena ada slot memori card eksternal yang mampu dibebani dengan kartu memory hingga kapasitas maksimal hingga 32 GB berjenis microSD card (dedicated slot).

Untuk memori RAM yang digunakan menopang prosesor yang ada sebesar 1 GB, sementara itu chipset yang dipakai adalah milik merk terkenal dari Qualcomm  dengan seri Snapdragon 400 dengan menggotong CPU dengan 4 inti atau lebih lengkapnya Quad-core berkecepatan 1.2 GHz dengan memakai teknologi Cortex-A7, mampu menjalankan berbagai aplikasi dengan cukup lancar sekali, selain itu untuk menambah kinerja pengolahan gambar, video dan multimedia yang ada, prosesor juga sudah dilengkapi kartu grafis dengan memakai GPU milik Adreno 305.

5. Layar dan Dimensi Body : Dimensi body untuk standar Oppo Neo 5 ini adalah dengan ukuran angak seperti berikut ini 132 x 65.8 x 9.2 mm (5.20 x 2.59 x 0.36 in) dengan memiliki berat 132.5 g (4.69 oz). Untuk sisi display atau layar yang dipakai pada Neo 5 memakai layar dengan tipe IPS LCD dengan teknologi capacitive touchscreen atau layar sentuh kapasitif dengan mengusung warna hingga 16juta warna, pada sisi ini, hampir semua smartphone sudah mendapatkannya. Untuk ukuran layar sebesar 4.5 inchi dengan ~64.2% rasio bodi ke layar. Sudah mendukung multitouch serta akan memakai resolusi kelas 480 x 854 pixels dengan layar yang memiliki kerapatan hingga ~218 ppi pixel density. Agak disayangkan, karena saat ini yang paling dicari oleh konsumen adalah layar dengan resolusi minimal kelas 720p, mungkin saja karena Harga Oppo Neo 5 yang dibanderol agak murah menjadikan beberapa spesifikasi agak disunat.